Zombie Hand Set

Rabu, 23 April 2014

PROGRAM PEMBINAAN KESEHATAN KOMUNITAS



BAB II
POKOK PEMBAHASAN
A. Program Pembinaan kesehatan Komunitas
1.      Pengertian Ilmu Kesehatan Masyarakat
Definisi ilmu kesehatan masyarakat menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisien.
Menurut Ikatan Dokter Amerika (1948) Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.
Ilmu kesehatan masyarakat merupakan ilmu yang multidisiplin , karena memang pada dasarnya Masalah Kesehatan Masyarakat bersifat multikausal, maka pemecahanya harus secara multidisiplin.
Secara garis besar, upaya-upaya yang dapat dikategorikan sebagai seni atau penerapan ilmu kesehatan masyarakat antara lain sebagai berikut :
1.       Pemberantasan penyakit, baik menular maupun tidak menular.
2.       Perbaikan sanitasi lingkungan
3.       Perbaikan lingkungan pemukiman
4.       Pemberantasan Vektor
5.       Pendidikan (penyuluhan) kesehatan masyarakat
6.       Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
7.       Pembinaan gizi masyarakat
8.       Pengawasan Sanitasi Tempat-Tempat Umum
9.       Pengawasan Obat dan Minuman
10.   Pembinaan Peran Serta Masyarakat             

2.      Pengertian Kesehatan Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang pengaruhnya paling besar terhadap status kesehatan masyarakat di samping faktor pelayanan kesehatan, faktor genetik dan faktor prilaku. Bahaya potensial terhadap kesehatan yang diakibatkan oleh lingkungan dapat bersifat fisik, kimia maupun biologi. Sejalan dengan kebijaksanaan’Paradigma Sehat’ yang mengutamakan upaya-upaya yang bersifat promotif, preventif dan protektif. Maka upaya kesehatan  lingkungan sangat penting. Semua kegiatan kesehatan lingkungan yang dilakukan oleh para staf Puskesmas akan berhasil baik apabila masyarakat berperan serta dalam pelaksanaannya harus mengikut sertakan masyarakat sejak perencanaan sampai pemeliharaan.
Kegiatan peningkatan kesehatan lingkungan bertujuan terwujudnya kualitas lingkungan yang lebih sehat agar dapat melindungi masyarakat dari segala kemungkinan resiko kejadian yang dapat menimbulkan gangguan dan bahaya kesehatan menuju derajat kesehatan keluarga dan masyarakat yang lebih baik.

B. Konsep dan Fungsi Puskesmas
1.      Konsep Puskesmas
a.       Defenisi
Suatu kesatuan organisasi fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat di samping memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok (Depkes 1991).
Puskesmas adalah unit pelaksana teknis (UPT) dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja.
b.      Visi dan Misi Puskesmas
                                           I.            Visi
Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah tercapainya kecamatan sehat menuju terwujudnya Indonesia sehat.
                                        II.            Misi
·         Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerjanya.
·         Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dam masyarakat di wilayah kerjanya.
·         Memelihara dan meningkatkan mutu, pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan.
·         Memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga dan masyarakat beserta lingkungannya.
c.       Upaya Puskesmas
                                           I.            UKM
Upaya berdasarkan komitmen nasional, regional dan global serta mempunyai daya ungkit tinggi untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta wajib diselenggarakan puskesmas di wilayah Indonesia. Komponennya :
·         Upaya promosi kesehatan
·         Upaya kesehatan lingkungan
·         Upaya kesehtan Ibu dan Anak serta keluarga berencana
·         Upaya perbaikan gizi masyarakat
·         Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
·         Upaya pengobatan
                                        II.            UKP
Upaya yang ditetapkan berdasarkan permasalahan kesehatan yang ditemukan di masyarakat serta yang disesuaikan dengan kemampuan puskesmas. Komponennya :
·         Upaya kesehatan sekolah
·         Upaya kesehatan olahraga
·         Upaya perawatan kesehatan masyarakat
·         Upaya kesehatan kerja
·         Upaya kesehatan gigi dan mulut
·         Upaya kesehatan jiwa
·         Upaya kesehatan usia lanjut
·         Upaya pembinaan pengobatan tradisional
d.      Program Pokok Puskesmas
Program pokok Puskesmas merupakan program pelayanan kesehatan yang wajib di laksanakan karena mempunyai daya ungkit yang besar terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.  Ada 6 Program Pokok pelayanan kesehatan di  Puskesmas yaitu :
1.         Program pengobatan (kuratif dan rehabilitatif)  yaitu bentuk pelayanan  kesehatan untuk mendiagnosa, melakukan tindakan pengobatan pada seseorang pasien dilakukan oleh seorang dokter  secara ilmiah berdasarkan temuan-temuan  yang diperoleh  selama anamnesis dan pemeriksaan
2.         Promosi Kesehatan yaitu program pelayanan kesehatan puskesmas yang diarahkan untuk membantu masyarakat agar hidup sehat secara optimal melalui kegiatan penyuluhan (induvidu, kelompok maupun masyarakat).
3.         Pelayanan KIA  dan KB yaitu program pelayanan kesehatan KIA dan KB di  Puskesmas yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada PUS (Pasangan Usia Subur) untuk ber KB, pelayanan ibu hamil, bersalin dan nifas serta pelayanan bayi dan balita.
4.         Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular dan tidak menular yaitu  program pelayanan kesehatan Puskesmas untuk mencegah dan mengendalikan penular penyakit menular/infeksi (misalnya TB, DBD, Kusta dll).
5.         Kesehatan Lingkungan yaitu  program pelayanan kesehatan lingkungan di puskesmas untuk meningkatkan kesehatan lingkungan pemukiman melalui upaya sanitasi dasar, pengawasan mutu lingkungan dan tempat umum termasuk pengendalian pencemaran lingkungan dengan peningkatan peran serta masyarakat.
6.         Perbaikan Gizi Masyarakat yaitu program kegiatan pelayanan kesehatan, perbaikan gizi masyarakat di Puskesmas yang meliputi peningkatan pendidikan gizi, penanggulangan Kurang Energi Protein, Anemia Gizi Besi, Gangguan Akibat Kekurangan Yaodium (GAKY), Kurang Vitamin A, Keadaan zat gizi lebih, Peningkatan Survailans Gizi, dan Perberdayaan Usaha Perbaikan Gizi Keluarga/Masyarakat.

e.       Satuan Penunjang Puskesmas
                                           I.            Puskesmas Pembantu
Yaitu unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang kecil.
                                        II.            Puskesmas Keliling
Yaitu unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor dan peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari puskesmas. Dengan fungsi dan tugas yaitu memberi pelayanan kesehatan daerah terpencil, transpor rujukan pasien, penyuluhan kesehtan dengan audiovisual.
2.      Fungsi Puskesmas
Ada tiga (3) fungsi utama yang diemban puskesmas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dasar (PKD) kepada seluruh target sasaran masyarakat di wilayah kerjanya, yakni sebgai berikut :
a.       Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan
·         Berupaya menggerakkan lintas sektor dan dunia dan dunia usaha di wilayah kerjanya agar menyelenggarakan pembangunan yang berwawasan kesehatan.
·         Aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggaraan setiap program pembangunan di wilayah kerjanya.
b.      Pusat Pemberdayaan Masyarakat
Memiliki kesadaran, kemauan, dan kemampuan melayani diri sendiri dan masyarakat untuk hidup sehat.
·         Berperan aktif dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk pembiayaan
·         Ikut menetapkan penyelenggaraan dan memantau pelaksanaan program kesehatan
·         Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat
·         Merangsang masyarakat termasuk swasta untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka menolong dirinya sendiri
·         Memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagaimana menggali dam menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.
c.       Pusat Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama
Menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama (primer) secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinanmbungan (continue) yang mencakup :
·         Pelayanan kesehatan masyarakat yang bersifat promotif dan  preventif dengan pendekatan kelompok.
·         Pelayanan medik dasar yang bersifat  kuratif dan rehabilitatif dengan pendekatan individu dan keluarga

Ketiga fungsi utama puskesmas  tersebut  dan dengan memperhatikan tujuan akhirnya maka setiap pelaksanan program kegiatan pelayanan kesehatan selalu dilaksanakan dengan memperhatikan landasan strategisnya yaitu  :
1.         Perikemanusian
2.         Pemberdayaan dan Kemandirian
3.         Adil dan merata
4.         Mengutamakan Manfaat.






















BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Penggerakkan dan pemberdayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitas yang bersifat persuasif dan melalui pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, dan kemampuan masyarakat dalam menemukan, merencanakan serta memecahkan masalah menggunakan sumber daya atau potensi yang mereka miliki termasuk partisipasi dan dukungan tokoh – tokoh masyarakat serta LSM yang masih ada dan hidup di masyarakat.
Penggerakkan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan akan menghasilkan kemandirian masyarakat di bidang kesehatan dengan demikian penggerakkan dan pemberdayaan masyarakat merupakan proses sedangkan kemandirian merupakan hasil, karenanya kemandirian masyarakat dibidang kesehatan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di lingkungannya. Peran serta masyarakat di dalam pembangunan kesehatan dapat diukur dengan makin banyakknya jumlah anggota masyarakat yang mau memanfaatkan pelayanan kesehatan seperti, Puskesmas, Pustu, Polindes, mau hadir ketika ada kegiatan penyuluhan kesehatan, dll.

B. TUJUAN
1.      Mahasiswa mampu mengetahui tentang program pembinaan kesejhatan komunitas.
2.      Mahasiswa mampu mengetahui tentang kesehatan masyarakat.
3.      Mamhasiwa mampu mengetahui tentang konsep dan fungsi puskesmas, termasuk program pokok dari puskesmas.








BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Definisi ilmu kesehatan masyarakat menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisien.
Menurut Ikatan Dokter Amerika (1948) Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.
Puskesmas suatu kesatuan organisasi fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat di samping memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok (Depkes 1991).
Puskesmas adalah unit pelaksana teknis (UPT) dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja.
Ada 6 Program Pokok pelayanan kesehatan di  Puskesmas yaitu :
1.    Program pengobatan (kuratif dan rehabilitatif) 
2.    Promosi Kesehatan
3.    Pelayanan KIA  dan KB
4.    Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular dan tidak menular
5.    Kesehatan Lingkungan
6.    Perbaikan Gizi Masyarakat
Ada tiga (3) fungsi utama yang diemban puskesmas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dasar (PKD) kepada seluruh target sasaran masyarakat di wilayah kerjanya, yakni sebgai berikut :
1.    Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan
2.    Pusat Pemberdayaan Masyarakat
3.    Pusat Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama




KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini. Sungguh suatu kesyukuran yang memiliki makna tersendiri, karena walaupun dalam keadaan terdesak, kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Dalam penulisan karya tulis ini, kami mencoba membahas tentang “Program Pembinaan Kesehatan Komunitas”.
Apa yang kami lakukan dalam karya tulis ini, masih jauh yang diharapkan dan isinya masih terdapat kesalahan – kesalahan baik dalam penulisan kata maupun dalam menggunakan ejaan yang benar. Oleh karena itu, kritikan dan saran yang sifatnya membangun, kami harapkan sehingga makalah ini menjadi sempurna.


                                                                                                        Palopo, April 2014

                Penyusun









DAFTAR ISI
Sampul ..................................................................................................................... i
Kata Pengantar......................................................................................................... ii
Daftar Isi................................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar Belakang......................................................................................... 1
B.     Tujuan  ..................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ....................................................................................... 2
A.    Program Pembinaan kesehatan Komunitas............................................... 2
B.     Konsep dan Fungsi Puskesmas ................................................................ 3
                                           I.    Konsep Puskesmas ........................................................................ 3
                                        II.    Fungsi Puskesmas ......................................................................... 6
BAB III PENUTUP................................................................................................ 7
A.    Kesimpulan .............................................................................................. 7
Daftar Pustaka......................................................................................................... 8











DAFTAR PUSTAKA































TUGAS KELOMPOK V
MAKALAH
( PROGRAM PEMBINAAN KESEHATAN KOMUNITAS)
LOGO STIKES KJP.jpgDISUSUN
   OLEH :
C ELVY HADAMING
C HAIDIR ALI
C NASRUL
C ANITA RUSDI
C ADI SAPUTRA
C ELLEN YUNITA DEA
C NANCY Y FRANS
C VISTARI RIORITA TINUS
C SITI ASRIFA

KELAS A KEPERAWATAN
SEMESTER VI

STIKES KURNIA JAYA PERSADA PALOPO
T.A 2011 / 2012













Tidak ada komentar:

Posting Komentar