Zombie Hand Set

Rabu, 23 April 2014

ASKEP GERONTIK (GANGGUAN BIOLOGIS PADA LANSIA)



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, dan Karunia-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu Dosen mata kuliah Keperawatan Komunitas II yang telah memberikan bimbingan berkaitan dengan penyusunan makalah ini.
Semoga makalah yang berjudul “Asuhan Keperawatan Kritikal pada Lansia”ini selain untuk memenuhi tugas mata kuliah Keperawatan Komunitas II juga dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pendidikan maupun profesi keperawatan.
Pada penyusunan makalah ini kami menyadari masih banyak kekurangan, baik mengenai isi maupun cara penulisannya. Oleh karena itu kami mengharapkan kepada para pembaca untuk dapat memberikan masukan-masukan baik kritik maupun saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah yang sempurna pada tugas yang akan datang.


                                                                                                             Palopo, Februari 2014


Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...............................................................................................   i
DAFTAR ISI ..............................................................................................................   ii
BAB I PENDAHULUAN...........................................................................................   1
A.        Latar Belakang...........................................................................................   1
B.         Rumusan Masalah .....................................................................................   2
C.         Tujuan .......................................................................................................   2

BAB II KONSEP MEDIS.........................................................................................   3
A.        Pengertian Kondisi Kritis/kritikal .............................................................   3
B.         Masalah Kondisi Kritis Pada Lansia..........................................................   3
C.         Penyebab Kondisi Kritis Pada Lansia.......................................................   5

BAB III KONSEP KEPERAWATAN....................................................................   12
A.        Pengkajian..................................................................................................   12
B.         Diagnosa Keperawatan .............................................................................   13
C.         Intervensi...................................................................................................   13
D.        Evaluasi  ....................................................................................................   17
E.         Penyimpangan KDM ................................................................................   18

BAB IVPENUTUP ....................................................................................................   19
A.        Kesimpulan................................................................................................   19
B.         Saran..........................................................................................................   19

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Proses menua (aging) merupakan suatu perubahan progresif pada organisme yang telah mencapai kematangan intrinsik dan bersifat irreversibel serta menunjukkan adanya kemunduran sejalan dengan waktu. Proses alami yang disertai dengan adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial akan saling berinteraksi satu sama lain. Proses menua yang terjadi pada lansia secara linier dapat digambarkan melalui tiga tahap yaitu, kelemahan (impairment),keterbatasanfungsional (functional limitations), ketidakmampuan (disability), dan keterhambatan (handicap) yang akan dialami bersamaan dengan proses kemunduran (Bondan, 2009).
Hal yang pertama perawat lakukan dalam memberikan asuhan keperawatan pada lansia adalah pengkajian. Menurut Potter & Perry, (2005), pengkajian keperawatan adalah proses sistematis dari pengumpulan, verifikasi dan komunikasi data tentang klien. Proses keperawatan ini mencakup dua langkah yaitu pengumpulan data dari sumber primer (klien) dan sumber sekunder (keluarga, tenaga kesehatan), dan analisis data sebagai dasar untuk diagnose keperawatan.
Secara umum, sakit dipandang sebagai suatui kondisi yang dialami individu yang gagal mencapai kesehatan optimum.Sakit akut adalah satu kondisi sakit pada individu yang berhasil ditangani oleh intervensi atau membaik seiring dengan waktu. Sakit kronis adalah satu kondisi tidak adanya resolusi proses penyakit. Implikasinya adalah individu akan menderita sakit ini sampai ia meninggal; tidak ada pengobatan. Karena individu seringkali dapat hidup panjang dan produktif dengan penyakit kronisnya, haruskah mereka disebut “sakit”?mungkin sebutan yang paling tepat adalah kondisi kesehatan kronis. Banyak individu diberbagai komunitas hidup dengan kondisi kesehatan kronis.
Pendekatan holistik terhadap asuhan keperawatan menolak adanya penggolongan individual.Pendekatan holistik menekankan pada keterkaitan individual.Apabila ditinjau secara harfiah, pendekatan ini dapat digunakan untuk menggambarkan individu dengan kondisi kesehatan kronis.Kesehatan individu seharusnya tidak digolongkan, seperti diabetik, penderita kanker, skizofrenik, atau individu yang teriunfeksi HIV.Bagaimanapun, perawat dipaksa oleh pendekatan sistem pelayanan kesehatan untuk cenderung melabel dan mengategorikan kesehatan individu.Dengan demikian, dalam pembahasan ini, suatu upaya dilakukan untuk menggambarkan populasi ini dalam konteks yang sangat luas.

B.       Rumusan Masalah
Secara garis besar, masalah  yang kami rumuskan adalah sebagai berikut.
1.         Apa yang dimaksud dengan kondisi kritis/kritikal?
2.         Apa saja masalah kondisi kritis pada lansia?
3.         Apa saja penyebab kondisi kritis pada lansia?
4.         Bagaimana asuhan keperawatan kritikal pada lansia?

C.      Tujuan
1.         Tujuan umum
Tujuan umum dari penulisan makalah ini adalah untuk :
a.         Mengetahui apa yang dimaksud dengan kondisi kritis/kritikal
b.        Mengetahui apa saja masalah kondisi kritis pada lansia
c.         Mengetahui apa saja penyebab kondisi kritis pada lansia
d.        Mengetahui apa saja asuhan keperawatan kritikal pada lansia

2.         Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Keperawatan Komunitas 2


BAB II
KONSEP MEDIS
A.      Pengertian Kondisi Kritis/Kritikal
Kritis : suatu kondisi dimana pasien dalam keadaan gawat tetapi masih ada kemungkinan untuk mempertahankan kehidupan.Kondisi kritis Progresif: Kondisi kesehatan menjadi lebih buruk atau menjadi lebih parah seiring perjalanan waktu. Periodenya mungkin meliputi seluruh rentang kehidupan atau dalam waktu yang lama.Selama kondisi kesehatan kronis, mungkin terdapat periode diam yang diikuti oleh periode ekserbarsi/bertambah parahnya penyakit atau memburuk secara perlahan.Contoh kondisi kesehatan kronis progresif adalah beberapa jenis kanker yang tumbuh perlahan pada penderitanya dan tidak dapat disembuhkan serta menyebabkan kematian yang tidak terelakkan.Penyakit paru obstruktif menahun/kronis ditandai dengan penurunan kapasitas paru yang progresif secara perlahan.Periode gagal jantung kronis meliputi periode diam dan kontrol terhadap pola serangan akut gagal jantung.Diabetes melitus, terutama tipe DM bergantung-insulin, menjadi progresif sehingga lebih sulit ditanggulangi.
Ireversibel: kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Kondisi kesehatan kronis dapat menyebabkan kematian.Muncul kerusakan yang tidak dapat dikoreksi.Contohnya adalah kanker pankreas, yang menghancurkan kemampuan klien untuk memproduksi enzim digesti, yang menyebabkan defisit nutrisi. Terdapat beberapa tipe penyakit ginjal yang pada akhirnya menyebabkan penyakit gagal ginjal total dan dan dapat merusak sistem utama lainnya seperti sistem saraf pusat dan sistem kardiovaskular. Penyakit Paru Obstruktif Kronis dapat menyebabkan penurunan fungsi paru, yang tidak dapat kembali normal/ireversibel.Skizofrenia dan penyakit hipolar tidak dapat disembuhkan, tetapi keduanya dapat dikontrol; bagaimanapun, individu yang pernah menderita penyakit ini dalam waktu yang lama dapat mengalami gangguan penilaian, keterampilan sosial, dan aktivitas hidup sehari-hari.
Kompleks: kondisi kronis yang dapat memengaruhi berbagai sistem. Pengaruh dari kondisi kesehatan kronis dapat menjangkau area yang lebih luas dibandingkan pada saat permulaan proses. Contohnya Penderita asma tidak hanya mengalami manifestasi fisik, tetapi mereka sering kali membatasi aktivitas dalam cara-cara tertentu yang dapat menyebabkan isolasi, sehingga dapat memengaruhi kesehatan mental dan rekreasional mereka.Depresi adalah sekuel yang sering ditimbulkan oleh kondisi kesehatan kronis (Davidson & Meltzer-Brody, 1999).Terapi terhadap kondisi kronis mungkin menimbulkan efek samping, seperti nyeri dan defisit nutrisi yang menjadi bagian dari kondisinya.Diabetes melitus dapat menyebabkan neuropati; retinopati menyebabkan kebutaan; masalah sirkulasi menyebabkan amputasi, umumnya terjadi pada kaki dan tungkai.Hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

B.       Masalah Kondisi Kritis Pada Lansia
Masalah fisik sehari-hari yang sering ditemukan pada lansia :
1.    Mudah jatuh
a.    Jatuh merupakan suatu kejadian yang dilaporkan penderita atau saksi mata yang melihat kejadian, yang mengakibatkan seseorang mendadak terbaring/terduduk di lantai atau tempat yang lebih rendah dengan atau tanpa kehilangan kesadaran atau luka (Ruben, 1996).
b.    Jatuh dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor intrinsik: gangguan gaya berjalan, kelemahan otot ekstremitas bawah, kekuatan sendi dan sinkope-dizziness; faktor ekstrinsik: lantai yang licin dan tidak rata, tersandung oleh benda-benda, penglihatan kurang karena cahaya yang kurang terang dan sebagainya.
2.    Mudah lelah, disebabkan oleh :
a.    Faktor psikologis: perasaan bosan, keletihan, depresi
b.    Gangguan organis: anemia, kurang vitamin, osteomalasia, dll
c.    Pengaruh obat: sedasi, hipnotik

C.      Penyebab Kondisi Kritis pada Lansia
Beberapa penyebab kondisi kritis pada lansia :
1.    Kecelakaan (Accident)
Suatu kejadian dimana terjadi interaksi berbagai factor yang datangnya mendadak, tidak dikehendaki sehinga menimbulkan cedera (fisik, mental, sosial)
2.    Cedera
Masalah kesehatan yang didapat/dialami sebagai akibat kecelakaan.
Kecelakaan dan cedera dapat diklasifikasikan menurut :
a.         Tempat kejadian
·           kecelakaan lalu lintas
·           kecelakaan di lingkungan rumah tangga
·           kecelakaan di lingkungan pekerjaan
·           kecelakaan di sekolah
·           kecelakaan di tempat-tempat umum lain seperti halnya: tepat rekreasi, perbelanjaan, di arena olah raga dan lain-lain.
b.         Mekanisme kejadian
Tertumbuk, jatuh, terpotong, tercekik oleh benda asing.tersengat, terbakar baik karena efek kimia, fisik maupun listrik atau radiasi.
c.         Waktu kejadian
·           Waktu perjalanan (traveling/trasport time)
·           Waktu bekerja, waktu sekolah, waktu bermain dan lain- lain


BAB III
KONSEP KEPERAWATAN
A.      Pengkajian
1.         Kaji tingkat kesadaran pasien.
2.         Kaji tanda-tanda perubahan fisik pasien : tonus otot, penurunan sirkulasi ,perubahan Tanda-tanda vital ( TTV), gangguan sensoris dan perubahan tingkat kesadaran.
3.         Kaji kondisi nutrisi pasien : penampilan umum, berat badan, kekuatan dan ketebalan otot, nilai Hb dan kondisi konjungtiva.
4.         Kaji status cairan pasien : volume output cairan ( urine, muntah, diare, keringat ), kondisi membrane mukosa dan turgor kulit.
5.         Kaji rasa aman dan nyaman pasien : rasa nyeri, personal hygiene
6.         kaji perubahan psikologis pasien: menurunnya proses intelektual, seperti menurunnya kemampuan untuk mengingat informasi, tidak dapat berfikir jernih, dan sulit mengambil keputusan; meningkatnya sensitivitas ( mudah tersinggung, mudah marah, mudah sedih), menurunnya kemampuan untuk melaksanakan aktivitas dan tugas dalam mengadaptasi masalah.

B.       Diagnosa Keperawatan
1.         Ketidakseimbangan nutrisi :nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b.d tidak mampu dalam memasukkan, mencerna, mengabsorbsi makanan karena faktor biologi.
2.         Inkontinensia urin fungsional berhubungan dengan keterbatasan neuromuskular.
3.         Kelemahan mobilitas fisik b.d kerusakan musculoskeletal dan neuromuscular.
4.         Risiko kerusakan integritas kulit b.d kemampuan regenerasi sel atau jaringan menurun.

C.      Intervensi
1.         Ketidakseimbangan nutrisi :nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b.d tidak mampu dalam memasukkan, mencerna, mengabsorbsi makanan karena faktor biologi.
Tujuan :Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 3x24 jam,diharapkan asupan nutrisi pasien tidak bermasalah, asupan makanan dan cairan tidak bermasalah berat badan ideal sesuai dengan tinggi badan, dan tidak ada tanda-tanda malnutrisi.
Intervensi :
·      Kaji riwayat nutrisi termasuk makanan yang disukai. Rasional : mengidentifikasi nutrisi yang diberikan dan juga untuk intervensi selanjutnya.
·      Observasi dan catat masukan makanan klien. Rasional : mengawasi masukan kalori.
·      Ajarkan dan kuatkan konsep nutrisi yang baik pada pasien. Rasional : agar pasien mengetahui bagaimana konsep nutrisi yang baik.
·      Dorong pasien untuk memonitor diri sendiri terhadap asupan makanan dan kenaikan atau pemeliharaan berat badan. Rasional : agar nutrisi pasien dapat terpenuhi.
·      Berikan makan sedikit tapi sering. Rasional : meningkatkan pemasukan kalori secara total.
·      Diskusikan dengan ahli gizi untuk menentukan asupan kalori setiap hari. Rasional :supaya mencapai dan atau mempertahankan berat badan sesuai target.
·      Berikan pujian atas peningkatan berat badan dan tingkah laku yang mendukung peningkatan berat badan.Rasional : agar pasien senang dan bersemangat untuk berusaha meningkatkan berat badannya.

2.         Inkontinensia urin fungsional b.d keterbatasanneuromuskular.
Tujuan :Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 3×24 jam diharapkan pasien mampu ;
ü  Kontinensia Urin.
ü  Merespon dengan cepat keinginan buang air kecil (BAK).
ü  Mampu mencapai toilet dan mengeluarkan urin secara tepat waktu.
ü  Mampu memprediksi pengeluaran urin.
Intervensi :
·      Monitor eliminasi urin.Rasional : untuk mengetahui jumlah urin yang keluar.
·      Bantu klien mengembangkan sensasi keinginan BAK.Rasional : dengan membantu klien, diharapkan klien akan mampu memprediksi pengeluaran urinnya.
·      Modifikasi baju dan lingkungan untuk memudahkan klien ke toilet.Rasional : membantu klien untuk mencapai toilet dan mengeluarkan urin tepat waktu.
·      Instruksikan pasien untuk mengonsumsi air minum sebanyak 1500 cc/hari.Rasional : minum air yang cukup dapat mengganti cairan yang hilang.

3.         Kelemahan mobilitas fisik b.d kerusakan musculoskeletal dan neuromuscular.
Tujuan ;Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 2x24 jam diharapkan pasien dapat :
ü  Memposisikan penampilan tubuh.
ü  Ambulasi : berjalan.
ü  Menggerakan otot.
ü  Mengkolaborasikan gerakan.
Intervensi ;
·      Dorong untuk bergerak secara bebas namun masih dalam batas yang aman.Rasional : diharapkan otot klien tidak kaku karena kurang bergerak.
·      Gunakan alat bantu untuk bergerak, jika tidak kuat untuk berdiri (mudah goyah/tidak kokoh).Rasional : meskipun dengan menggunakan alat bantu, klien masih bisa menggerakkan otot-ototnya agar tidak kaku.
·      Konsultasi kepada pemberi terapi fisik mengenai rencana gerakan yang sesuai dengan kebutuhan.Rasional : membantu dalam ambulasi dan memposisikan penampilan tubuhnya.

4.         Risiko kerusakan integritas kulit b.d kemampuan regenerasi sel atau jaringan menurun.
Tujuan :Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 2x24 jam diharapkan tidak terjadi kerusakan integritas kulit.
Intervensi ;
·      Monitor area kulit yang terlihat kemerahan dan adanya kerusakan.
·      Monitor kulit yang sering mendapat tekanan dan gesekan.
·      Monitor warna kulit.
·      Periksa pakaian, jika pakaian terlihat terlalu ketat

D.      Evaluasi
1.      Asupan nutrisi pasien tidak bermasalah, asupan makanan dan cairan tidak bermasalah dan berat badan ideal.
2.      Pasien mampukontinensia urin, merespon dengan cepat keinginan buang air kecil (bak), mampu mencapai toilet dan mengeluarkan urin secara tepat waktu, mampu memprediksi pengeluaran urin.
3.      Pasien dapat memposisikan penampilan tubuh, ambulasi : berjalan, menggerakan otot dan mengkolaborasikan gerakan.
4.      Tidak terjadi kerusakan integritas kulit.


BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Kondisi kritis Progresif: Kondisi kesehatan menjadi lebih buruk atau menjadi lebih parah seiring perjalanan waktu. Periodenya mungkin meliputi seluruh rentang kehidupan atau dalam waktu yang lama.
Ireversibel: kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Kondisi kesehatan kronis dapat menyebabkan kematian. Muncul kerusakan yang tidak dapat dikoreksi.
Kompleks: kondisi kronis dapat memengaruhi berbagai sistem. Pengaruh dari kondisi kesehatan kronis dapat menjangkau area yang lebih luas dibandingkan pada saat permulaan proses.
Masalah fisik sehari-hari yang sering ditemukan pada lansia yaitu Mudah lelah dan mudah jatuh.

B.       Saran
Kelompok lanjut usia memiliki masalah kesehatan, baik dari segi fisik maupun dari segi mental. Kerja Perawat dalam memberikan asuhan keperawatan diharapakan bisa berlangsung secara komprehansif dan holictik untuk proses penatalaksanaan klien dengan lanjutusia. Sehingga lansia dapat menjalani proses menua dengan kualitas hidup seoptimal mungkin.



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar